Cara Mengatasi Google Chrome Not Responding di Laptop dan PC

Muncul permasalahan ditengah-tengah pekerjaan memang sangat mengganggu, belum lagi aktivitas yang sepenuhnya kita lakukan berhubungan dengan internet salah satunya mesin pencari Google Chrome. Mungkin sebagian dari sobat Mantap sedang mengalami Google Chrome tidak bisa dibuka atau not responding pada perangkat yang saat ini digunakan, nah tepat sekali pada pembahasan artikel kali ini mimin Mantap Tech akan membagikan solusinya dengan sebuah tutorial singkat Cara Mengatasi Google Chrome Not Responding yang mudah dipahami dan diikuti.

Saat Google Chrome tidak bisa dibuka biasanya kamu akan mendapati pesan notifikasi berupa Error Proxy di Google Chrome: err_connection_reset_chrome dan semacamnya. Nah, jika muncul notifikasi seperti ini sudah dipastikan Chrome mengalami error dan harus segera diatasi. Sebelum memperbaikinya ada baiknya kamu harus mengetahui apa sih penyebab Google Chrome Not Responding?

Penyebab Chrome Not Responding

Kenapa Google Chrome loading terus? salah satu penyebab Chrome mengalami kelambatan yang paling sering adalah penuhnya file chace pada sistem baik itu pada laptop maupun HP yang tidak pernah dibersihkan sama sekali, belum lagi jika banyak program yang sedang berjalan secara bersamaan sehingga mengakibatkan loading terus menerus. Namun, sebelum mengidentifikasinya pastikan dahulu apakah kecepatan internet yang sobat Mantap gunakan aman-aman saja atau sedang mengalami gangguan. Karena kecepatan dan kestabilan internet juga sangat berpengaruh pada saat membuka browser, terutama Chrome.

Lalu bagaimana cara memperbaiki Google Chrome agar bisa digunakan kembali? untuk caranya sobat Mantap bisa simak dan diikuti tutorial lengkapnya pada pembahasan dibawah ini. Pastikan sobat mengikuti step by stepnya dengan seksama agar mendapatkan hasil yang sama dan tidak mengalami kegagalan ditengah-tengah proses.

Cara Mengatasi Google Chrome Not Responding

Terdapat 3 cara efektif yang akan mimin bantu pada langkah-langkahnya disini, seperti End Task Google Chrome melalui Task Manager, membersihkan atau clearing data dengan menghapus riwayat penulurusan hingga update dan instalasi ulang Google Chrome. Nantinya sobat bisa ikuti setiap langkahnya untuk memperbaiki Chrome Not Responding. Berikut ini step by stepnya :

1. Bersihkan History atau Riwayat Penelusuran

Pada step yang pertama ini, kamu bisa membersihkan dengan cara menghapus seluruh riwayat penulusuran. Karena ini adalah salah satu penyebab Google Chrome tidak merespons, sobat Mantap bisa melakukannya dengan cara berikut :

  1. Saat kamu berada dihalaman Chrome, lihat simbol bulet tiga yang berletak di pojok kanan atas
  2. Kemudian akan tampil beberapa menu, disini kamu pilih dan klik History atau cara cepatnya kamu bisa menggunakan shortcut Ctrl + H
  3. Setelah itu lihat menu yang ada dibagian kiri, pada step ini kamu pilih dan klik Clear browsing data
  1. Centang semua yang ada dibagian atas kemudian pilih dan klik Clear data

2. End Task Google Chrome

Step berikutnya yang bisa kamu coba adalah End Task program atau dengan cara menghentikan paksa Google Chrome melalui Task Manager, cara ini juga terbilang efektif karena biasanya setelah melakukan End Task Chrome dapat digunakan kembali. Untuk caranya silahkan ikuti langkahnya berikut :

  1. Pada step ini sobat Mantap silahkan arahkan kursor pada bagian Task Bar kemudian klik kanan
  2. Nantinya akan muncul banyak pilihan menu, disini sobat pilih dan tekan menu Task Manager
  3. Akan muncul seluruh aplikasi yang sedang berjalan, disini sobat pilih Google Chrome lanjutkan dengan menekan End task untuk memulai menghentikan secara paksa Chrome

3. Update dan Instalasi Ulang Google Chrome

Step terakhir yang bisa sobat lakukan pada tutorial ini adalah update dan install ulang Chrome, setelah kedua cara diatas belum berhasil sobat bisa mencoba langkah terakhir ini. Mungkin saja karena Chrome yang digunakan pada perangkat masih dengan versi yang lama, dengan begitu sobat bisa mengupdatenya ke versi terbaru.

  1. Sebelum update sobat bisa mengecek versi Chrome terlebih dahulu dengan cara klik bulet tiga yang berada di pojok kanan atas,
  2. Kemudian pilih dan klik Help lanjutkan pilih About Google Chrome. Nantinya disana akan ada informasi terkait versi Chrome yang kamu gunakan sekaligus mengupdate dengan otomatis.
  3. Apabila sudah melakukan update namun Chrome masih belum bisa merespons, sebaiknya kamu uninstall Chrome lalu menginstall ulang kembali. Karena dengan cara ini Chrome akan merefresh seluruh data dari awal sehingga sedikit kemungkinan jika Chrome tidak bisa dibuka.

Selain itu, mimin merekomendasikan cara lain yang juga bisa jadi solusi agar Chrome bisa digunakan kembali dengan cara menutup seluruh tab, program dan aplikasi yang sedang berjalan hingga memulai ulang perangkat. Kamu juga bisa mengeceknya apakah ada malware yang terdapat pada software sehingga membuat Chrome tidak bisa digunakan.

Baca Juga: