Contoh Soal Mikrotik Essay dan Jawabannya

Mempelajari soal mikrotik essay tentang jaringan dasar untuk memenuhi kebutuhan siswa siswa yang sedang mendekati ujian, agar tidak bingung.

Memahami Mikrotik tidak begitu sulit, apalagi jika Anda sudah mulai belajar bagaimana cara melakukan beberapa settingan dasar seperti DNS. Memasang IP Address pada Mikrotik menggunakan software yang disediakan seperti winbox akan mempermudah seorang admin jaringan. Pada soal essay Mikrotik kali ini, Anda akan mempelajari apa itu Mikrotik yang semestinya.

Setiap siswa diharuskan untuk mengetahui apa itu fitur yang ada di Mikrotik, sehingga nantinya tidak lagi bertanya saat ujian sudah datang. Mungkin Anda adalah salah satu bagian dari siswa yang mempelajari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Atau mungkin jurusan komputer lainnya di universitas seperti teknik informatika dan juga sistem informasi, soal Mikrotik ini sangat cocok bagi jurusan tersebut.

Seperti pada pembahasan materi sebelumnya tentang 50 Contoh Soal Sistem Komputer Pilihan Ganda & Jawabannya, sekarang bisa langsung dipelajari.

Contoh Soal Mikrotik Jaringan Dasar Essay

Contoh Soal Mikrotik Essay Jaringan Dasar dilengkapi Dengan Jawabannya

Soal ini dapat disalin oleh guru dan juga siswa, apalagi bagi yang baru mengenal apa itu Mikrotik bisa sangat bermanfaat untuk yang baru belajar. Bagaimana tidak contoh soal Mikrotik ini membahas winbox sehingga Anda tidak lagi kebingungan untuk mengenal Mikrotik. Berikut ini soalnya.

  1. Winbox disediakan untuk mengatur segala konfigurasi yang ada pada RouterOS Mikrotik, berikan langkah untuk masuk ke Winbox dan memulai konfigurasi?

Jawaban: Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengunduh Winbox dan menghubungkan fisik Router Mikrotik ke komputer atau laptop. Setelah itu login, dan mulai untuk mengisi IP Address, dan mengatur konfigurasi sesuai kebutuhan.

  1. Berikan cara untuk setting DNS di RouterOS Mikrotik secara detail?

Jawaban: Sebelum memasang DNS Public 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 yang perlu dilakukan sebelumnya adalah menambahkan IP Adress, lalu dilanjutkan dengan konfigurasi DNS Server dengan masuk ke tab “IP > DNS” disana akan terlihat DNS Setting. Isi beberapa pengaturan seperti menambahkan IP Address Public pada Server lalu klik OK. Untuk melakukan testing terhubung bisa langsung melakukan ping ke DNS tersebut.

  1. Pada menu apakah jika kita ingin melakukan konfigurasi identity pada Router di Mikrotik, dan jelaskan lebih detail?

Setiap Router Mikrotik harus dibedakan antara Router lainya, secara bawaan indentity mikroik bernama “MikroTik” dengan begini kita bisa mengubahnya. Menu Indentity Mikrotik berada pada tab “System > Identity”, untuk cara settinginya masuk ke tab tersebut lalu ganti Identity sesuai keinginan nama Router mikrotik.

  1. Agar kita dapat mengakses sebuah mikrotik melalui jalur webfig maka kita membutuhkan aplikasi atau software?

Jawaban: Untuk mengakses jalur webfig dibutuhkan software atau aplikasi yaitu Browser, dengan adanya browser kita dapat bebas mengakses mikrotik. Selain itu Browser juga bisa melihat hasil tampilan dari hotspot yang telah di konfigurasi melalui Mikrotik. Saat ini tersedia banyak Browser mulai dari Chrome, Firefox, dan masih banyak lagi.

  1. Pemasangan atau Instalasi sistem operasi Mikrotik menggunakan media jaringan perlu menggunakan?

Jawaban: Untuk instalasi sistem operasi mikrotik diperlukan NetInstall, untuk mempermudah segala urusan konfigurasi Mikrotik.

Netinstall merupakan sebuah aplikasi yang beroperasi pada sistem Windows, yang memfasilitasi proses instalasi MikroTik RouterOS ke komputer atau RouterBoard melalui jaringan Ethernet. Netinstall juga berfungsi untuk melakukan reinstalasi RouterOS dalam situasi di mana instalasi sebelumnya mengalami kegagalan, kerusakan, atau kehilangan password akses.

Penutupan

Itulah soal tentang Mikrotik essay yang sudah dilengkapi dengan jawaban untuk teman-teman semua, terimakasih!

Leave a Comment