Cari artikel yang Anda inginkan...

Perbedaan SSD dan HDD, Mana yang Paling Baik?

perbedaan komponen komputer SSD dan HDD

Mungkin sebagian dari kalian masih bingung mengenai perbedaan SSD dan HDD, mana yang paling baik? karena sebenarnya jika dilihat dari segi fungsi sama saja, tetapi tahukah kalian bahwa walaupun fungsi nya sama tetapi memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing sehingga kalian perlu mengetahui hal tersebut.

Kalian yang ingin merakit komputer atau menambahkan spesifikasi komputer yang kalian gunakan, tentu saja salah satu komponen penting dalam sebuah komputer yaitu perangkat SSD dan HDD, tetapi kalian harus memilih nya salah satu, tetapi memang pada dasar nya sebagai penyimpanan sebuah data dan juga yang bertugas untuk memproses data.

Perangkat satu ini merupakan yang paling penting dalam komponen komputer karena jika tidak di pasang maka komputer atau laptop tidak dapat bekerja dengan baik dan tidak dapat menyimpan suatu data, dan juga membuat device lebih lemot bahkan untuk menjalan satu program atau aplikasi membutuhkan waktu yang lama.

Mantaptech kali ini akan membagikan penjelasan tentang perbedaan kedua komponen tersebut yaitu SSD dan HDD, untuk kalian yang masih bingung dengan keduanya, pada zaman yang modern ini tentu saja teknologi semakin canggih termasih perkembangan perangkat pada komputer dan kalian para pecinta teknologi tentu harus tau mengenai update tersebut.

Perbedaan Antara SSD dan HDD

perbedaan antara SSD dan HDD

Ada beberapa perbedaan dari SSD dan HDD yang perlu kalian ketahui, dan sebagai bahan perbandingan jika kalian ingin mengganti perangkat pada device komputer atau laptop, karena jika perangkat yang kalian gunakan sudah ketinggalan zaman atau sudah lama maka komputer juga kinerja nya tidak bisa di maksimalkan sesuai keinginan kalian, berikut ini beberapa perbedaanya.

Kecepatan Memproses Data

Perbedaan yang pertama dan sangat mencolok yaitu tingkat kecepatan pada saat melakukan proses data pada device komputer atau laptop, dan jika di bandingkan lebih unggul SSD dari pada HDD karena penggunaan perangkat HDD masih memakai metode cara lama sehingga membuat kinerja proses data sedikit lambat.

Sedangkan HDD bekerja dengan sangat cepat karena tidak membutuh kan part penggerak sehingga data di proses berkali lipat lebih cepat, sehingga pada saat komputer atau laptop dihidupkan dan melakukan proses booting untuk beralih ke mode windows hanya memerlukan waktu sebentar saja, jadi SSD lebih di unggulkan dalam hal ini.

Penggunaan Energi

Jika di bandingan perbedaan antara HDD dan SSD dari segi penggunaan daya listrik maka lebih di unggulkan SSD karena penggunaan perangkat tersebut tidak memerlukan energi tambahan sebagai penggerak untuk melakukan prosesing data, sehingga daya yang di perlukan lebih sedikit dan penggunaan energi pun lebih hemat.

Sedangkan pada HDD membutuhkan tenaga listrik tambahan karena untuk mengolah data pada komputer perangkat tersebut menggunakan daya penggerak seperti piringan, karena akan terus berputar ketika device komputer sedang melakukan olah data sehingga membutuhkan listrik yang bisa dibilang sedikit boros dibandingkan dengan SSD.

Perbedaan Kinerja

Perbedaan selanjutnya yaitu dari segi kinerjanya karena jika di perhatikan HDD menggunakan sebuah bentuk piringan seperti cakram sedangkan SSD sudah memakai chip yang membuat nya lebih efektif dan cepat ini juga sering disebut flash memory, jadi dari segi kinerja lebih di menangkan oleh SSD sehingga pada saat device booting lebih cepat.

Perbedaan Kapasitas

Seperti yang kalian ketahui bahwa kapasitas yang dimiliki oleh SSD yaitu berkisar antara 128 GB sampai 256 GB, jadi ketika kapasitas penyimpanan nya penuh kalian harus segera mengupgradenya, tetapi untuk cara yang lebih simple seperti ketika SSD 128 GB penuh jadi kalian ganti yang lebih besar sehingga membutuhkan bajet tambahan.

Sedangkan HDD Mempunya kapasitas yang begitu besar karena pada umumnya penyimpanan yang dimilikinya sekitar 500 GB sampai 2 TB, hal ini membuat komponen HDD lebih di unggulkan dari segi kapasitas sehingga dapat menyimpan file dan data besar pada komponen ini, jadi sangat di sarankan untuk kalian yang mempunyai file besar menggunakannya.

Perbedaan Harga SSD dan HDD

Jika di bandingkan dari segi harga, komponen SSD memiliki harga yang lebih mahal dibanding HDD karena seperti yang kalian telah ketahui bahwa SSD ini lebih canggih di bandingkan HDD tetapi jika di lihat dari harga yang sama misalkan SSD bisa kalian dapatkan hanya dengan kapasitas 256 sedangkan dengan harga serupa kalian bisa mendapatkan HDD kapasitas 500 GB.

Tetapi harga tidak sebanding jika dilihat dari kecanggihan teknologi kinerja dari SSD, karena jika harga mahal maka kualitas yang diberikan juga semakin bagus, sehingga SSD lebih di unggulkan jika dilihat dari harga dan kualitas barang itu sendiri, karena menggunakan kinerja yang bagus di bandingkan HDD, jadi sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Printer Canon Mg2570 Lampu Kedap Kedip Dan Error Lainnya

Kesimpulan

Itulah beberapa perbedaan antara SSD dan HDD yang perlu kalian ketahui jika ingin menggunakan salah satu dari komponen tersebut, dan pastikan kalian membeli dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, masing-masing komponen memiliki kelemahan dan keunggulannya tergantung difungsikan nya oleh kalian, dan sangat di rekomendasikan memakai teknologi perangkat terbaru.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.